|
Peran Teknologi Komunikasi dan Informasi
dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Secara Online di Indonesia
Pendahuluan
Pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metoda
pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah
dari aktivitas belajar. Pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa
jarak fisik, misalnya karena peserta ajar bertempat tinggal jauh dari
lokasi institusi pendidikan. Pemisah dapat pula jarak non-fisik yaitu
berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari
lokasi institusi pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan
pembelajaran di institusi tersebut.

Keterpisahan kegiatan pengajaran dari kegiatan belajar adalah ciri yang khas dari pendidikan jarak jauh.
Sistem pendidikan jarak jauh merupakan suatu alternatif pemerataan
kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini dapat mengatasi beberapa
masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang
berkualitas. Pada sistem pendidikan pelatihan ini tenaga pengajar dan
peserta didik tidak harus berada dalam lingkungan geografi yang sama.
Tujuan dari pembangunan sistem ini antara lain menerapkan
aplikasi-aplikasi pendidikan jarak jauh berbasis web pada situs-situs
pendidikan jarak jauh yang dikembangkan di lingkungan di Indonesia yakni
bekerja dengan sama mitra-mitra lainnya.
Secara sederaha dipahami sistem ini terdiri dari kumpulan
aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan
pendidikan jarak jauh hingga penyampaian materi pendidikan jarak jauh
tersebut dapat dilakukan dengan baik.
Sarana penunjang dari pendidikan jarak jauh ini adalah teknologi
informasi. Kemunculan teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan
jarak jauh ini sangat membantu sekali. Seperti dapat dilihat, dengan
munculnya berbagai pendidikan secara online, baik pendidikan formal atau
non-formal, dengan menggunakan fasilitas Internet.Pendekatan sistem
pengajaran yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengajaran
secara langsung (real time) ataupun dengan cara menggunakan sistem
sebagai tempat pemusatan pengetahuan (knowledge).
.Hal ini memungkinkan terbentuknya kesempatan bagi siapa saja untuk
mengikuti berbagai jenjang pendidikan. Seorang lulusan sarjana dapat
melanjutkan ke pendidikan magister secara online ke salah satu Perguruan
tinggi yang diminatinya.
Sistem Pendidikan Jarak Jauh
Meskipun teknologi merupakan bagian integral dari pendidikan jarak jauh,
namun program pendidikan harus fokus pada kebutuhan instruksional
mahasiswa, dari pada teknologinya sendiri. Perlu juga untuk
dipertimbangkan; umur, kultur, latar belakang sosioekonomi, interes,
pengalaman, level pendidikan, dan terbiasa dengan metoda pendidikan
jarak jauh. Faktor yang penting untuk keberhasilan sistem pendidikan
jarak jauh adalah perhatian, percaya diri dosen, pengalaman, mudah
menggunakan perlatan, kreatif menggunakan alat, dan menjalin interkasi
dengan mahasiswa.
Pada pembangunan sistem perlu diperhatikan tentang disain dan
pengembangan sistem, interactivity, active learning, visual imagery, dan
komunikasi yang efektif. Disain dan pengembangan sistem.
proses pengembangan instruksional untuk pendidikan jarak jauh, terdiri
dari tahap perancangan, pengembangan, evaluasi, dan revisi. Dalam
mendesain instruksi pendidikan jarak jauh yang efektif, harus
diperhatikan, tidak saja tujuan, kebutuhan, dan karakteristik dosen dan
mahasiswa, tetapi juga kebutuhan isi dan hambatan teknis yang mungkin
terjadi. Revisi dilakukan berdasarkan masukan dari instruktur, spesialis
pembuat isi, dan mahasiswa selama dalam proses berjalan.
Interactivity. Keberhasilan sistem pendidikan jarak jauh antara lain
ditentukan oleh adanya interaksi antara dosen dan mahasiswa, antara
mahasiswa dan lingkungan pendidikan, dan antara mahasiswa.
Active learning. Partisipasi aktif peserta pendidikan jarak jauh
mempengaruhi cara bagaimana mereka berhubungan dengan materi yang akan
dipelajari.
Visual imagery. Pembelajaran lewat televisi dapat memotivasi dan
merangsang keinginan dalam proses pembelajaran. Namun jangan sampai
terjadi distorsi karena adanya hiburan. Harus ada penseleksian antara
informasi yang tidak berguna dengan yang berkualitas, menentukan mana
yang layak dan tidak, mengidentifikasi penyimpangan, membedakan fakta
dari yang bukan fakta, dan mengerti bagaimana teknologi dapat memberikan
informasi berkualitas.
Komunikasi yang efektif. Desain instruksional dimulai dengan mengerti
harapan pemakai, dan mengenal mereka sebagai individual yang mempunyai
pandangan berbeda dengan perancang sistem. Dengan memahami keingingan
pemakai maka dapat dibangun suatu komunikasi yang efektif.
Audio Conferencing
Group Conferencing
Pendidikan Jarak Jauh Secara Online
Perkembangan teknologi selalu mempunyai peran yang sangat tinggi dan
ikut memberikan arah perkembangan dunia pendidikan. Dalam sejarah
perkembangan pendidikan, teknologi informasi adalah bagian dari media
yang digunakan untuk menyampaikan pesan ilmu pada orang banyak, mulai
dari teknologi percetakan beberapa abad yang lalu, seperti buku yang
dicetak, hingga media telekomunikasi seperti, suara yang direkam pada
kaset, video, televisi, dan CD. Perkembangan teknologi informasi saat
ini, Internet, mengarahkan sejarah teknologi pendidikan pada alur yang
baru. Layanan online dalam pendidikan baik bergelar maupun tidak
bergelar pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi
pengguna (mahasiswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan
online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program
pendidikan seperti: pendaftaran, test masuk, pembayaran, perkuliahan,
penugasan kasus, pembahasan kasus, ujian, penilaian, diskusi,
pengumuman, dll. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi
internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu,
tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.
Faktor utama dalam Pendidikan jarak jauh secara online yang dikenal
sebagai distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak
adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan
media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara
dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak.
Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom,
interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online
meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list,
discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara diatas
interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun
tidak 100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan
lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi dosen
dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh siswa.
Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula
dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administratif juga dapat
diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di
dukung dengan metode pembayaran online.
Pendidikan jarak jauh secara online mengatasi keterbatasan yang ada pada
jenis-jenis pendidikan jarak jauh yang lain (yang sebenarnya juga
sudah sarat teknologi), yaitu pendidikan jarak jauh dengan satelit
serta teknologi televisi. Pada kedua teknologi di atas, mahasiswa masih
harus berjalan ke fasilitas-fasilitas pendidikannya; sedangkan
peralatannya bersifat khusus dan mahal. Kini dengan pendidikan online
lewat internet, mahasiswa dapat belajar sendiri dari rumah dengan
peralatan komputer sendiri.
Dari Sudut Pandang Dosen
Dari sudut pandang dosen, solusi pendidikan online ini harus memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:
� Mudah digunakan
� Memungkinkan pembuatan bahan kuliah online dan kelas online dengan cepat dan mudah
� Hanya memerlukan pelatihan minimal
� Memungkinkan pengajaran dengan cara mereka sendiri
� Memungkinkan mereka mengendalikan lingkungan pengajaran
Dari Sudut Pandang Mahasiswa
Dari sudut mahasiswa yang dicari adalah
� Fleksibilitas dalam mengambil mata kuliah
� Bahan kuliah yang lebih kaya dibandingkan yang didapat di kelas
� Berjalan di komputer yang sudah mereka miliki
� Menyertakan kolaborasi antarmahasiswa seperti cara tradisional
� Mencakup konsultasi dengan dosen, diskusi kelas, teman belajar, dan proyek-proyek bersama.
Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Web Secara Online
Bila kembali ke konsep dasar pada suatu sistem pendidikan tradisional
yang dilakukan saat ini, para mahasiswa dan dosen bertemu pada suatu
tempat dan waktu tertentu. Sistem pendidikan tradisional ini kelak akan
bergeser kepada pendidikan jarak jauh dengan dilandasi bahwa agak sulit
untuk mengumpulkan peserta kursus, training atau pendidikan pada satu
waktu dan tempat tertentu sedangkan peserta tersebar di wilayah yang
berbeda-beda dan pada dasarnya materi-materi yang seharusnya disampaikan
di kelas, dapat diberikan tanpa kehadiran para mahasiswa dan dosen
secara langsung di kelas.
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini, khususnya
perkembangan teknologi internet turut mendorong berkembangnya konsep
pembelajaran jarak jauh ini. Ciri teknologi internet yang selalu dapat
diakses kapan saja, dimana saja, multiuser serta menawarkan segala
kemudahannya telah menjadikan internet suatu media yang sangat tepat
bagi perkembangan pendidikan jarak jauh selanjutnya.
|
Comments
Post a Comment